Teladan Dimulai Dari Pemimpin

Dikutip dari Motivator Sukses Mulia Bpk.Jamil Azzaini

Joko Widodo alias Jokowi, walikota Solo membuat berita besar. Lelaki yang sudah dua periode memimpin kota Solo ini mengganti mobil dinasnya, sedan mewah merk ternama, dengan mobil rakitan para pelajar SMK 2 Surakarta. Mobil yang diberi nama Kiat Esemka ini 80 persen komponennya lokal dan 20 persen impor.
Keputusan Jokowi yang ini mengingatkan saya pada perjuangan seorang lelaki dari India, Mahatma Gandhi. Saat itu India berada di bawah kekuasaan Inggris. Sadar bahwa India sulit mengusir tentara Inggris maka ia menggunakan kekuatan lain. Gandhi tahu bahwa salah satu alasan Inggris menguasai India karena jumlah penduduknya yang besar. India adalah pasar bagi produk-produk Inggris.
Mengetahui hal ini, Gandhi mengajak masyarakat India menggunakan produk-produk lokal, memproduksi sendiri berbagai keperluan hidup dan tidak tergantung kepada bangsa asing. Ajakan Gandhi ini dikenal dengan Swadesi. Ternyata strategi ini sangat melemahkan Inggris. Banyak pabrik di Inggris tutup karena kehilangan pasar.
Gandhi bukan hanya bicara, ia memberikan contoh kepada masyarakat India. Ia menggunakan pakaian tenun rakyat India untuk menginspirasi rakyat India agar menenun sendiri dan tidak membeli pakaian dari Inggris. Gandhi juga memberikan contoh  dengan berjalan ratusan mil untuk membuat garam. Perilaku Gandhi ini memberikan inspirasi kepada rakyat India untuk membuat garam sendiri dan tidak tergantung kepada Inggris. Akhirnya India menjadi negara yang berdaulat pada 15 Agustus 1947.
Seorang pemimpin seharusnya bisa dijadikan suri tauladan dan mampu mengoptimalkan serta merangkul berbagai potensi dan kekuatan yang ada. Dengan menggunakan mobil dinas buatan pelajar SMK 2 Surakarta, Jokowi telah mengangkat dan mempopulerkan mobil dan sekolah itu.  Tindakan ini juga membangkitkan kembali semangat untuk merakit dan membuat mobil sendiri yang sebelumnya sudah ada. Kita mampu, kita bisa.
Memang mobil rakitan itu mungkin belum lulus uji, tapi keputusan Jokowi untuk menggunakan sebagai mobil dinas, bagi saya keputusan yang cerdas. Keputusan ini saya yakin menjadi sumber inspirasi bagi SMK yang lain. Keputusan ini juga meningkatkan rasa percaya diri pelajar SMK, khususnya SMK pembuat mobil rakitan. Saya yakin juga kepala-kepala dinas di pemerintahan kota Solo tak akan berani menggunakan mobil dinas mewah buatan luar negeri melebihi yang digunakan walikotanya. Pemimpin memang teladan utama.
Salam SuksesMulia!

0 Response to "Teladan Dimulai Dari Pemimpin"

Posting Komentar